Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Mengedit Header pada Wordpress dan Mengganti Themes

Selasa, 15 September 2009

Apabila anda menggunakan Conten Managemen System Wordpress di Situs atau Blog anda, tentu anda sering mendengar atau pernah menggunakan sebuah fitur dalam wordpress yaitu Themes. Themes bisa dianggap sebagai “Baju” untuk tampilan website/weblog, Baju tersebut dapat saja berganti-ganti tanpa merubah isi dari weblog tersebut. Biasanya di CMS Wordpress yang kita install sudah ada bawaan themes standar atau klasik, tapi kita bisa merubah tampilan atau mengeditnya, dengan Themes yang bisa kita download secara gratis di penyedia “Free Themes Wordpress” untuk bisa di aplikasikan kedalam Themes Wordpress kita.

Kita juga bisa membuat tampilan standar wordpress sesuai dengan keinginan kita, atau dengan kata lain Mengedit Header pada Wordpress dan Mengganti Themes (mengcustom tampilan Themes Wordpress). Tidak terlalu sulit untuk sekedar mengcustomi tampilan pada wordpress, yang harus perhatikan adalah pada saat mengedit tampilan / custom, kita harus sabar dan sedikit teliti untuk merubah file dari themes agar bisa menjadi sesuai dengan apa yang di inginkan.


Apabila anda memiliki website yang di buat menggunakan wordpress dan masih menggunakan Themes Standar anda bisa Mengedit Header pada Wordpress dan Mengganti Themes sebagai berikut :



Cara yang paling mudah adalah dengan mengedit gambar bagian header. Caranya dengan melihat alamat header tersebut yang nantinya akan kita edit. Jika menggunakan Mozilla Firefox anda cukup melihat dengan perintah :



Klik kanan tepat pada Header Website / Blog pilih menu View Background Image maka akan tampil seperti ini :



Gambar diatas adalah sebuah file header dengan nama kubrickheader.jpg yang nantinya anda simpan menggunakan save image dan nantinya akan di edit. atau anda bisa mengedit header lainnya.

Simpan / Unduh kubrickheader.jpg dari folder yang telah ditunjukan, lalu rubah tampilan image tersebut dengan cara mengeditnya dengan image editor (seperti Photoshop, Paint, Corel, dll) dan simpan file kembali dengan ukuran yang sama dan jenis file yang sama (dalam hal ini file .jpg). Apabila anda tidak memiliki Image Editor anda bisa menggunakan Images Editor Online seperti pixlr.com. perintahnya sama persis dengan Adobe Photoshop seperti yang akan saya ajarkan di bawah ini.



Untuk pengeditan menggunakan Adobe Photoshop dalam menyimpan sebaiknya menggunakan mode Save for Web agar gambar yang kita simpan menjadi layak tampil di website dengan tidak mengurangi kecepatan membuka pada website/blog kita. Edit File yang telah kita simpan tadi menggunakan Adobe Photoshop seperti dibawah ini.



Edit file kubrickheader.jpg menggunakan PhotoShop

Letakkan kembali ke folder dimana file itu berada. Untuk lebih aman sebelum mengganti dengan yang baru usahakan file lama di rename (semisal kubrickheader.jpg menjadi kubrickheader-asli.jpg) baru anda ganti file tersebut dengan yang baru, maka anda telah bisa merubah tampilan website anda secara praktis.



Hasil Pengeditan Header pada CMS Wordpress.

Jika anda ingin merubah themes pada blog / website anda tetapi tidak menginginkan secara praktis, anda bisa langsung mengunduhnya dari situs penyedia Free Themes Wordpress / Theme Gratis dan langsung memasangnya diblog. Untuk langkahnya sebagai berikut :

A. Mengupload Themes
  • Pilih dan download themes yang diinginkan, kemudian extract (di buat menjadi utuh) file-filenya dengan memperhatikan struktur bawaannya, baca readme atau instruksi yang biasa tersedia dari pembuat themes untuk bisa memasang themes dengan benar.
  • Upload file-file tersebut ke web server hostingan dengan menggunakan FTP Client, (seperti FileZilla, CUTEFTP, dll) atau jika anda menggunakan localhost anda bisa mengcopy ke folder wp-content\themes, tetapi jika menggunakan webserver (hosting) anda bisa Upload semua isi dari folder themes di dalam directory bawaan Wordpress yaitu dibagian wp-content/themes, jadi semisal folder themes yang diupload namanya adalah “themesbaru” maka nantinya akan terbentuk directory wp-content/themes/themesbaru.

B. Mengaktifkan Themes

Sebelum bisa tampil, themes harus diaktifkan terlebih dahulu, pastikan semua filenya sudah diupload ke directory wp-content/themes/

  • Log in ke Admin Panel, pilih menu Appearance ( jika Wordpress lama gunakan menu Presentation)



Login WP baru dan menu Appearance



Aktifkan jika anda telah memilih themes yang di inginkan.
  • Pilih themes baru yang gambarnya sudah tampil di panel tersebut dengan mengkliknya,
  • Sekarang theme pilihan sudah aktif, bisa di lihat dengan meng-klik “View Site” di bagian atas panel.

Gambar-gambar bawaan, warna background dan juga templatenya bisa dimodifikasikan sesuai selera kita, tapi sebaiknya demi menghargai si pembuat themes, link menuju ke situs author tidak perlu dihapus.

Bagi anda yang ingin bisa membuat website Wordpress di Localhost atau Komputer Pribadi tanpa harus Connect internet bisa membaca tutorial Cara membuat Website di Localhost - Web Server Local sehingga anda lebih mahir lagi dalam menggunakan CMS Wordpress. atau CMS lainnya.

Semoga bisa bermanfaat.



Selasa, September 15, 2009

0 comments: