Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Optimalisasi Page Title - Index Page di PHPBB untuk SEO

Kamis, 26 Mei 2011

Bagi rekan netter yang pernah atau sudah menggunkan CMS (Conten Management System) Forum PHPBB dan ingin mengoptimalisasi SEO (Search Engine Optimization) anda bisa menggunakan tips dan trik yang akan saya bahas ini. Secara Standar, pertama kali kita menginstal Forum PHPBB pada website, Index Page PHPBB akan menampilkan Tulisan pada title : "Index Page - Nama Situs kita" pada sudut kiri atas browser kita. Jika kita  masuk ke menu View forum maka akan tampil title ; "View forum - Forum id - Nama situs kita" dan jika masuk ke menu Topik maka akan tampil title; " View topik - Topik Id - Nama Situs Kita " karena di bagian Title di PHPBB telah di setting standar :

Sehingga pada saat website di tampilkan akan menampilkan title yang saya tuliskan diatas secara standar. Untuk mengoptimasi atau Optimalisasi Page Title phpbb ada beberapa tips dan trik Untuk membuat Situs Forum PHPBB kita lebih bersahabat dengan Search Engine, alangkah lebih baiknya jika kita rubah posisi Title yang ada menjadi lebih SEO Friendly. Caranya juga cukup mudah.


1. Edit file overall_header.tpl pada folder template anda. semisal kita menggunakan template subSilver maka kita masuk ke folder itu dan cari filenya. Pengeditan bisa menggunakan 2 cara; bsia menggunakan edit manual di komputer kita lalu kita upload lagi atau menggunakan pengeditan di dalam Admin Contro Panel pada forum di menu Style. 


Rubah posisi {PAGE_TITLE}  dan {SITE_NAME} Sesuai dengan keinginan kita. Jika ingin Seo Friendly sebaiknya menggunakan Struktur {Page_Title} dahulu baru {Site_Name} jadi yang tampil di Browser akan menjadi "Judul Halaman - Nama Situs Kita".

2. Merubah File Viewforum.php . Tujuannya agar pada title akan tamil judul Forum Dahulu, baru Nama situs kita. Caranya ;

Cari file viewforum.php pada root folder webkita dan edit di bagian :


$page_title = $lang['View_forum'] . ‘ – ‘ . $forum_row['forum_name'];
Ganti dengan:
$page_title = $forum_row['forum_name'];

 atau
 page_header($user->lang['VIEW_FORUM'] . ' - ' . $forum_data['forum_name'], true, $forum_id);
Ganti dengan :
 page_header($forum_data['forum_name'], true, $forum_id);

3. Merubah File Viewtopic.php . Tujuannya agar pada title akan tamil judul Topik Dahulu, baru Nama situs kita. Caranya:

Cari file viewtopic.php pada root folder webkita dan edit di bagian :


$page_title = $lang['View_topic'] . ‘ – ‘ . $forum_row['topic_name'];
Ganti dengan:
$page_title = $forum_row['forum_name'];

 atau

page_header($user->lang['VIEW_TOPIC'] . ' - ' . $topic_data['topic_title'], true, $forum_id);
Ganti dengan :
 page_header($topic_data['topic_title'], true, $forum_id);

4. Menggati tulisan Index Page PHPBB  pada tampilan awal di forum kita atau pada bagian home. caranya cukup mudah anda tinggal mengganti di bagian folder lang atau language pada root situs kita. cari file lang_main.php (biasanya pada phpbb versi 3.x kebawah) atau common.php (biasanya pada versi 3.x keatas). cari tulisan 'INDEX'  => 'Index page',   Ganti Sesuai dengan keinginan anda, semisal 'INDEX'  => 'Forum', jadi pada saat pertama tampil dan belum masuk ke menu view forum atau view topic akan tampil "Forum - Nama Situs Anda".

Oke jika sudah maka Situs Forum anda sudah siap berteman baik dengan Mesin Pencari (Search Engine). Semoga bermanfaat.

Apakah tips dan trik ini bermanfaat atau membantu anda ? jika ya, tulisankan comment, masukkan dan pertanyaan yang berkenaan dengan Optimalisasi Page Title - Index Page di PHPBB untuk SEO di form Comment.



Kamis, Mei 26, 2011

2 comments:

adipa mengatakan...

situsnya isinya keren-keren, bagus banget... semangat!

Dona Alfian mengatakan...

Terimakasih mas adipa, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan orang banyak, amin. salam :)