Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Membuat Website di Byethost dan Setting NS Domain

Senin, 29 Agustus 2011

Yuk Membuat Website di Byethost. Apabila anda ingin membuat website secara gratis anda bisa melampiaskannya disini. Selain Gratis fasilitas yang diberikan di Byethost juga banyak, yang lebih asiknya lagi gampang untuk di coba. Anda bisa menggunakan Domain Gratis atau Subdomain gratis untuk bisa menampilkan website anda langsung dari hosting byethost. Atau juga anda ingin menginstal CMS seperti Wordpress, Joomla, Drupal dll. Anda bisa menggunakan website tersebut nantinya untuk kepentingan Bisnis Internet, Jualan di internet (Ecommerce), Website Profile, atau apa saja yang anda inginkan. Sekali lagi tidak dipungut biaya atau GRATIS.

Hosting byethost juga bisa di koneksikan dengan free domain seperti dot.tk (.tk), CO.CC, domain gratis lain atau domain berbayar seperti .COM, .NET, .ORG, .US dll. Untuk menghubungkan dengan domain gratis (seperti .CO.CC) anda bisa membacanya dari tutorial saya sebelumnya " Membuat Website Wordpress di Freehostia dengan domain co.cc " hanya perlu merubah Name Server (NS) saja untuk menghubungkannya. Untuk Byethost NSnya ada 5 : ns1.byet.org, ns2.byet.org, ns3.byet.org, ns4.byet.org, ns5.byet.org.


Oke, kita mulai saja tutorial Membuat Website di Byethost

Langkah pertama adalah REGISTER / DAFTAR di Byethost

Membuat Website di Byethost dan Setting NS Domain
Buka halaman http://byethost.com/free-hosting  pilih menu "Click here to sign up for free hosting"
Selanjutnya isi form yang ada dengan benar. setelah selesai klik button "REGISTER":

Membuat Website di Byethost dan Setting NS Domain

Selanjutnya dari Byethost akan menginformasikan pengiriman email aktifasi untuk hosting yang anda daftarkan. Segeralah buka email anda dan lakukan confirmasi. Perlu diperhatikan biasanya email yang dikirim akan masuk ke Bulk Email / Spam Email karena anda belum pernah menerima email dari byethost. Jadi jangan bingung kalo di INBOX anda tidak ada kiriman email dari byethost. Cari ajah di Folder tersebut.


Selanjutnya anda akan di bawa kesebuah halaman Aktivasi dengan mengisikan Code Catchpa untuk memastikan anda adalah manusia.


Selanjutnya jika anda sudah aktivasi anda akan diberikan email informasi tentang User Account di Byethost.


Di dalam email yang anda terima akan menerima beberapa user account untuk mengakses fasilitas yang ada di byethost. Agar anda faham kegunaanya akan saya jelaskan account account yang anda terima.
  • Cpanel Username : Digunakan untuk masuk ke Control Panel (Cpanel) menggunakan Cpanel Password di byethost. Untuk alamat Cpanel bisa di akses di alamat Cpanel URL 
  • Your URL : adalah situs / web yang secara automatis terbuat dengan subdomain byethost. bisa langsung di nikmati atau di setting sesuai keinginan. tapi kalo kita ingin menggunakan alamat sendiri berarti anda abaikan saja alamat itu. 
  • FTP Server : adalah alamat FTP yang bisa digunakan dalam Upload/Download file dari komputer anda ke hosting di byethost guna membuat Website nantinya menggunakan program FTP (seperti FTP Zilla, CUte FTP dll) 
  • FTP Login & FTP Password : adalah User dan Password untuk masuk ke Hostin menggunakan Program FTP. 
  • MySQL Database Name : Adalah nama database yang akan digunakan untuk anda dalam menginstal sebuah CMS atau website yang menggunakan Data Base. dan bisa di buat didalam Cpanel nantinya. 
  • MySQL Username & Password : adalah Nama dan Password MySQL yang nanti di gunakan untuk akses MySQL ke database. 
  • MySQL Server : adalah alamat server MySQL atau databse anda. Jika menggunakan Localhost atau Web Server Local biasanya alamatnya adalah localhost tetapi jika menggunakan hosting luar atau berbayar namanya akan menyesuaikan alamat penyedia hosting.
Oke setelah tau kita akan masuk ke langkah selanjutnya yaitu "Add Domain" atau menambahkan domain di hosting byethost.

Menambahkan Domain (Menghubungkan / Mengkoneksikan domain) dengan hosting di Byethost

Caranya sangat mudah. Buka alamat Cpanel URL anda untuk masuk ke area Control Panel (semisal : http://cpanel.byethost12.com). Selanjutnya Login menggunakan Cpanel Username dan Cpanel Password anda.



Setelah login anda akan masuk ke laman Control Panel di Byethost. disana anda bisa menambahkan domain, membuat Database, dll. disini saya akan membahas 4 point penting dalam Membuat Website di Byethost diantaranya adalah :


1. Addon Domains 2. Online File Manager 3. MySQL Database 4. PhpMyAdmin

Oke langsung ajah ya :

1. Addon Domains
Adalah sebuah menu untuk memasukkan domain kita terhubung dengan hosting. Caranya dengan memasukkan sebuah nama domain semisal "donaalfian.com" atau "donaalfian.co.cc" atau "webkamu.tk". setelah memasukkan domain yang di kehendaki di bagian control panel, domain kita semisal di Co.CC, arahkan Name Servernya ke hosting yang ada di byethost dengan mengisi NS 1-5  (ns1.byet.org, ns2.byet.org, ns3.byet.org, ns4.byet.org, ns5.byet.org). Apabila kita mempunyai domain berbayar (semisal beli di namecheap.com, godaddy.com, dll) kita bisa setting di Control Panel Domain dari penyedia domain berbayar terserbut. Perlu di ingat sebelum memasukkan domain sebaiknya masukkan terlebih dahulu 5 Name Server yang saya tulis di domain yang akan di Koneksikan. agar pada saat menghubungkan domain ke Hosting langsung di terima.

Untuk Setting domain Name Server (NS) di CO.CC sebagai berikut :

Untuk di DOT.TK (.tk) setting domain Name Server (NS) sebagai berikut :


Setelah add Name Server Minimal 30 Menit -24 Jam Baru Setting domain di ByetHost. Seperti ini :


2. Online File Manager
adalah sebuah fasilitas dari Byethost untuk Upload (mengirim file) atau Download file-file yang akan kita letakkan di Hosting dari komputer kita.

3. MySQL Database Adalah Fasilitas untuk membuat nama database yang nantinya bisa di pakai dalam pembuatan Website

4. PhpMyAdmin
Jika anda pernah membaca tentang Cara membuat Website di Localhost - Web Server Local tentu and asudah familiar dengan ini. makadari itu baca dan pelajari secara lokal untuk menambah perbendaharaan pengetahuan anda.

Oke sepertinya cukup dulu tutorial kali ini. Jika anda benar dalam mengikuti dan mempraktekannya maka anda telah memiliki domain yang terhubung dengan hosting gratis di byethost. Dan pastinya anda telah siap untuk Membuat Website di Byethost.  Untuk Install CMS di ByetHost akan saya bahas di tutorial website dan tips trik saya selanjutnya.



Senin, Agustus 29, 2011

0 comments: