Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak adalah sebuah pilihan yang bijak bagi setiap orang tua untuk mempersiapkan masa depan anaknya. Dalam artikel saya kali ini saya berusaha untuk Sharing tentang pernak pernik Dunia Asuransi yang bisa menjadi sebuah referensi sebelum anda mengikuti Asuransi untuk puta-putri anda nantinya. Setiap orang tua yang bertanggung jawab tentunya mereka berpikir untuk selalu memberikan yang terbaik untuk masadepan anaknya. Sebagian besar orang tua memiliki cara untuk membahagiakan anak, baik itu mengumpulkan uang dengan cara menabung, membeli barang berharga untuk simpanan atau dengan cara lain yang intinya untuk membantu anaknya kelak.

Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak
Sebagian orang memilih untuk menggunakan Asuransi untuk persiapan putra-putrinya dimasa depan. Yang menjadi pertanyaan sekarang apabila anda menginginkan menggunakan Asuransi sebagai jaminan masa depan anak adalah Bagaimana Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak ? atau Asuransi Yang Baik Untuk Anak itu seperti apa ?  tentu itu akan menjadi pertanyaan dasar bagi semua orang yang ingin menggunakan Asuransi sebagai jaminan bagi Anak-anak mereka. Ada berbagai macam produk asuransi untuk anak yang sekarang ada di Indonesia. Diantara Produk Asuransi untuk anak adalah "Asuransi Pendidikan" dan "Asuransi Kesehatan". Mana asuransi yang bisa anda pilih untuk anak anda ?. Tentu asuransi yang nantinya bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan Anak kita.


Dalam Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak ada beberapa aspek yang harus di pertimbangkan sebelum mengikutinya, diantara aspek yang harus kita ketahui adalah :
  1. Prioritas Utama, Menentukan "Prioritas Utama" atau alasan memilih sebuah Asuransi adalah hal terpenting, Apakah untuk Pengaman Keuangan Keluarga (Proteksi Keuangan), atau digunakan sebagai hal lain seperti Dana untuk pendidikan, Sebagai Dana Kesehatan atau Tabungan Jangka Panjang.
  2. Kemampuan, Tentukan kemampuan untuk mengikuti Sebuah Asuransi, Jika anda ingin mengikuti asuransi atau membuka polis untuk hal proteksi keuangan keluarga, Hitunglah pengeluaran bulanan yang anda miliki. Angka ideal dalam mengikuti sebuah asuransi atau menentukan besarnya uang pertanggungan kurang lebih 100 kali pengeluaran bulanan yang anda miliki. Jadi, Apabila pengeluaran bulanan anda 2.5 juta, maka uang pertanggungan yang ideal untuk anda adalah 250 juta.
  3. Perhitungan / Kalkulasi, Apabila anda ingin mengikuti Asuransi Pendidikan, Hitung dan rinci secara matang berapa rupiah dana (Uang Pendidikan) yang harus anda keluarkan untuk bisa menyekolahkan anak anda terhitung mulai dari sekolah yang ingin di ikuti (semisal mulai dari SMP, SMA atau hingga Perguruan Tinggi), Hitung juga kondisi ekonomi di mana terjadi kenaikan harga barang dan layanan yang berkelanjutan (inflasi) supaya kita tau kedepan kita membutuhkan dana yang sesuai pada saat anak sudah mulai sekolah. Cara ini tentu akan membuat anda bisa memilih polis dengan uang pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda ingin mengikuti Asuransi Pendidikan, Hitung dan rinci secara matang berapa rupiah dana yang cukup untuk kebutuhan kesehatan pada saat kita kita membutuhkannya. Semua orang pasti tidak menginginkan Sakit atau terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada diri kita, akan tetapi jika kita mempersiapankannya alangkah lebih baik untuk Proteksi diri.

Sebelumnya agar anda bisa Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak ada baiknya anda mengetahui Jenis Jenis Asuransi secara dasar. Ada 2 Jenis Asuransi pada dasarnya, yaitu Asuransi Tradisional dan Non Tradisional.

Memilih Asuransi yang Baik

Traditional Insurance

Sifat dasar dari produk Traditional Insurance ini memiliki manfaatnya yang pasti. Maksudnya adalah: Apabila Asuransi Jiwa, Apabila tertanggung meninggal, Dipastikan akan tercair dana yang telah di tentukan sebagai santunan kematian. Atau apabila mengandung unsur tabungan (saving), maka akan akan tercairkan dana atau uang dengan jumlah yang telah di tentukan. Nominalnya dalam Asuransi ini Pasti. Sesuai dengan polis, nominal ataupun jatuh tempo pencairan menjadi pasti.

Traditional Insurance dibagi menjadi 3 (tiga) jenis produk:

  1. Term Life Insurance, yaitu Asuransi Jiwa dimana sifatnya adalah sangat murah, dengan nilai pertanggungan yang besar sekali. Contohnya adalah asuransi kecelakaan yang sering kita beli pada Kendaraan Transportasi Umum seperti Bus, Kereta api, Pesawat terbang. Harganya tergolong murah sekali, akan tetapi jika terjadi kecelakaan, tentu santunan yang diterima akan besar. Sebagai contoh lainnya adalah asuransi kendaraan, dam asuransi rumah. Karakteristik lain dari produk Term Life Insurance adalah uangnya hangus, apabila tidak ada klaim selama masa kontrak. Masa pembayaran premi (cicilan tertanggung) adalah  masa kontrak asuransi, Biasanya antara 5 hingga 20 tahun. Apabila anda memilih 5 tahun, maka bisa diperpanjang dengan kenaikan pada premi, tanpa harus melalui prosedur seleksi resiko lagi.
  2. Whole Life Insurance. adalah Asuransi Jiwa (Life Insurance) yang berlaku seumur hidup, dimana pembayaran premi berlangsung hanya beberapa tahun saja. Dipastikan preminya akan lebih mahal dibandingkan Term Life Insurance, tetapi sesuai dengan jenisnya, kita tidak harus membayar sepanjang kita ingin memiliki asuransi tersebut. Adapun, produk inipula mengandung unsur tabungan (Saving). Jika di suatu hari kita tidak ingin lagi memiliki asuransi, maka kita bisa menghentikan polisnya (surrender polis) dan mendapatkan uang sebagai hasil dari hasil tabungan pada asuransi ini.
  3. Endowment Insurance, yaitu Asuransi Jiwa + Tabungan (Saving). Contoh paling sederhananya adalah asuransi pendidikan, dimana disana terdapat asuransi jiwa + tabungan yang bisa di cairkan tahun yang telah di tentukan. Nilai tunai dari asuransi ini tergolong pasti, sesuai dengan yang tercantum pada polis (surat berharga). Produk ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengguakan Asuransi Untuk Pendidikan.

Non Traditional Insurance

Dinamakan juga "Unit Link Insurance", dimana asuransi jiwa ini digabung dengan investasi (reksadana). Tentunya, nilai dari tunainya tidak pasti, bergantung pada kondisi investasi yang anda berikan dan jenis investasi yang dipilih. Produk ini cocok bagi orang yang ingin mengikuti Asuransi praktis, dan bagi orang yang senang ber-spekulasi atau orang yang tidak bisa teratur dalam menabung.

Sebagai tambahan Aspek untuk Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak ada beberapa item yang perlu dipertimbangkan setelah anda mengetahui tentang Jenis-jenis asuransi yang saya jabarkan diatas, Khususnya jika anda memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak anda.
  1. Besarnya Target Dana Pendidikan dan Kapan Dana tersebut akan dicairkan atau dibutuhkan.
  2. Resiko apa saja yang akan diproteksi oleh asuransi yang anda pilih, sebagai contoh Resiko kematian, Resiko kecelakaan, sakit, cacat dls.
  3. Berapa premi (angsuran pembayaran) yang harus dibayar dan kemampuan dalam membayar premi. Kemudahan membayar premi.
  4. Kwalitas, Reputasi serta kinerja Perusahaan Asuransi yang akan digunakan. Kemudahan proses klaim, Akses cabang ketersediaan cabang (Branch), Grup dan afiliasi
  5. Kredibilitas Serta profesionalitas agen penjual.
Saya sendiri selain menggunakan Asuransi Pendidikan untuk anak saya, saya juga mengikuti program "Tabungan Pendidikan" yang hampir sama dengan Asuransi Pendidikan. Program Tabunagn Pendidikan ini berbeda dengan Tabungan Biasa, Anda diwajibkan menabung dengan nominal uang tertentu (semisal sebulan 100 ribu) secara rutin, terhitung dari dana yang Anda Inginkan dalam Program ini. Program ini bisa menggunakan Sistem Auto Debet pada tabungan kita sehingga kita tidak perlu kesulitan dalam pembayaran tiap bulannya. Sebagian Produk Tabungan Pendidikan kini juga telah memiliki unsur proteksi, seperti halnya asuransi. 

Oke dari Artikel dan Pengalaman saya diatas semoga bisa membuat anda menjadi lebih tau agar bisa Memilih Asuransi yang baik Untuk Anak nantinya. Masukan serta tambahan informasi tentu sangat saya harapkan dalam Artikel ini. Silahkan tuliskan di form comment yang telah tersedia. Salam ;)



Berikan KLIK »» Apabila Informasi atau Ulasan

Memilih Asuransi yang Baik Untuk Anak

Bermanfaat untuk anda, Terimakasih.

Related Post for Memilih Asuransi yang Baik Untuk Anak :



2 comments

  1. Na  

    13 Juli 2012 13.47

    tulisan bagus sangat bermanfaat.

  2. Na  

    13 Juli 2012 13.52

    karlu perlu iklan google adsense bisa hubungi saya...dijamin bukan spam. dibayar setelah akun google nya diterima.

Posting Lebih Baru Posting Lama Dona Alfian Blog

Rekomendasi Info



Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya