Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Cara Merawat Ban Terbaik Mobil dan Motor

Jumat, 18 November 2011

Ban adalah sebuah komponen pada kendaraan yang sangat vital guna menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi pada saat Kendaraan di jalankan. Tanpa perawatan yang baik, ban mobil dan motor yang kita gunakan pasti akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan kita. Selain menggunakan ban terbaik kita harus merawatnya agar ban mobil dan motor bisa digunakan dalam performa yang maksimal. 

Oleh sebab itu kali ini Dona Alfian Blog akan sharing bagaimana Cara Merawat Ban Terbaik Mobil dan Motor agar selalu memberikan manfaat yang baik dalam menggunakan berkendara anda. Bagaimana Cara Merawat Ban Terbaik Mobil dan Motor anda ? Berikut ini cara untuk merawat ban mobil dan motor anda agar selalu dengan performa terbaik :


  1. Gunakan ban jangan menunggu sampai ban rusak. Usahakan dan Biasakan agar selalu mengecek tekanan ban mobil dan motor anda, paling sedikit satu kali dalam sebulan, terutama sebelum digunakan untuk perjalanan  jarak jauh. Ban yang tekanannya kurang memadai akan menyebabkan mudah sekali panas karena gesekan besar pada aspal, menyebabkan ban akan cepat aus (gundul) dan bisa berakibat fatal bagi keselamatan pengemudi.
  2. Gunakan Tekanan Proporsional ban mobil dan motor anda. Ukuran tekanan pada ban yang pas membuat ban menjadi maksimal pada saat digunakan. Ukuran Tekanan ban bisa di lihat dibagain bibir ban atau pada buku petunjuk penggunakan ban.
  3. Selalu ukur Tekanan Ban. Pengukuran tekanan ban yang valid bisa di lakukan pada saat ban belum digunakan atau jika sudah digunakan bisa di ukur setelah ban di berheti selama kurun waktu 3 jam atau lebih. Lakukan pemeriksaan tekanan ban secara berkala, paling tidak selama sebulan sekali dan selalu menjaga agar ukuran tekanan ban mobil atau motor Anda selalu pada ukuran yang proporsional. Sehingga mobil dan motor Anda siap untuk digunakan.
  4. Segera Ganti Ban Mobil / Motor anda apabila telah Aus. Untuk cara manual mengetes ban anda di ganti atau tidak bisa Melihat Treadwear  Indicator atau indikator keausan pada ban. Atau dengan menggunakan Uang koin  sebagai penunjuk bahwa ban mobil Anda telah Aus (gundul). Caranya taruh uang koin di permukaan tapak ban mobil Anda. Apabila Anda dapat melihat seluruh bagian gambar uang koin, itu tandanya ban mobil anda harus diganti.
  5. Hindari Lobang Jalan. Usahakan untuk selalu menghindari lobang jalan dalam mengemudi. Sebab lobang yang terlalu besar bisa merusak kondisi ban mobil dan motor Anda, selain itu juga  mengganggu keseimbangan atau balance dari ban anda.
  6. Tukar Posisi Ban Mobil. Pastikan Anda bisa menukarkan ban mobil antara ban depan dan ban belakang tiap 6000 mil, tujuannya adalah agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
  7. Periksa penutup pentil ban mobil dan motor anda. Pentil Ban yang tidak Menggunakan penutup akan mudah mengalami keborocan angin sehungga ban akan menjadi kurang tekanan yang optimal.
  8. Cek keseimbangan atau balance ban kendaraan Anda secara berkala, untuk menghindari perputaran ban yang tidak stabil.
  9. Patuhi ambang batas bobot muatan mobil dan motor Anda. Apabila bobot muatan melebihi kapasitas maksimal bisa menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil dan motor Anda, itu bisa sangat membahayakan keselamatan anda.
  10. Gunakan Ban Terbaik untuk Kendaraan yang anda miliki.

Semoga informasi Cara Merawat Ban Terbaik Mobil dan Motor ini bisa bermanfaat untuk anda.



Jumat, November 18, 2011

1 comments:

Admin mengatakan...

Terimakasih gan. Tipsnya sangat membantu!
Regard, Modifikasi Vixion.